Pengertian bisnis menurut :
Musselman adalah keseluruhan dari aktivitas yang diorganisir oleh orang yang tidak berurusan di dalam bidang industri dan perniagaan yang menyediakan barang dan jasa agar terpenuhinya suatu kebutuhan dalam perbaikan kualitas hidup.
Hooper, Pengertian Bisnis adalah keseluruhan yang lengkap pada berbagai bidang seperti industri dan penjualan, industri dasar dan industri manufaktur dan jaringan, distribusi, perbankkan, transportasi, insuransi dan lain sebagainya; yang kemudian melayani dan memasuki dunia bisnis secara menyeluruh.
Peterson dan Plowman mengemukakan Pengertian Bisnis merupakan serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan pembelian ataupun penjualan barang dan jasa yang dilakukan secara berulang-ulang. Menurut paterson dan plowman, penjualan jasa ataupun barang yang hanya terjadi satu kali saja bukanlah merupakan pengertian bisnis.
Owen adalah suatu perusahaan yang berhubungan dengan distribusi dan produksi barang-barang yang nantinya dijual ke pasaran ataupun memberikan harga yang sesuai pada setiap jasanya.
Hunt dan Urwick, Pengertian Bisnis ialah segala perusahaan apapun yang membuat, mendistribusikan ataupun menyediakan berbagai barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh anggota masyarakat lainnya serta bersedia dan mampu dalam membeli atau membayarnya.
L.R.Dicksee mengatakan bahwa Pengertian Bisnis yaitu suatu bentuk dari aktivitas yang utamanya bertujuan dalam memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan di dalam terjadinya aktivitas tersebut.
Pengertian Bisnis TIK
Pengertian umum dari TIK, TIK adalah singkatan dari Teknologi Informasi Dan Komunikasi atau jika dalam bahasa Inggris ‘Information and Communication Technologies’, jika di singkat ‘ICT’ dapat di artikan sebagai payung besar terminologi yang mencakup semua peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan Informasi. Itulah secara singkat mengenai pengertian teknologi informasi dan komunikasi. Kata teknologi yaitu berasal dari bahasa Yunani “technologia”, atau “techne” yang memiliki arti “keahlian” dan juga “logia” yang artinya “pengetahuan”. Dalam pengertian yang sempit dapat di artikan teknologi adalah merupakan suatu yang mengacu pada objek benda yang digunakan untuk kemudahan aktivitas manusia, misalnya seperti mesin, perkakas, perangkat keras, dan lain-lain.
Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.
Jadi, berdasarkan pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa Bisnis TIKmerupakan suatu bentuk dari aktivitas bisnis di bidang teknologi informasi, yang mana dalam hal ini membahas pada bidang jaringan telekomunikasi berupa : melayani sambungan telepon kabel tidak bergerak Plain Ordinary Telephone Service (”POTS”), telepon nirkabel tidak bergerak, layanan komunikasi data, broadband, satelit, penyewaan jaringan dan interkoneksi, serta telepon seluler. Dengan tujuan utama berbisnis yaitu untuk memperoleh keuntungan dengan mendistribusi dan produksi barang-barang yang nantinya dijual ke pasaran ataupun memberikan harga yang sesuai pada setiap jasanya agar terpenuhinya suatu kebutuhan dalam perbaikan kualitas hidup yang dilakukan secara berulang-ulang.
PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.
Tentang Telkom Group
Telkom Group adalah satu-satunya BUMN telekomunikasi serta penyelenggara layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia. Telkom Group melayani jutaan pelanggan di seluruh Indonesia dengan rangkaian lengkap layanan telekomunikasi yang mencakup sambungan telepon kabel tidak bergerak dan telepon nirkabel tidak bergerak, komunikasi seluler, layanan jaringan dan interkoneksi serta layanan internet dan komunikasi data. Telkom Group juga menyediakan berbagai layanan di bidang informasi, media dan edutainment, termasuk cloud-based and server-based managed services, layanan e-Payment dan IT enabler, e-Commerce dan layanan portal lainnya.
Visi dan Misi
- Visi
”Be The King of Digital in The Region”
- Misi
“Lead Indonesian Digital Innovation and Globalization”
Corporate Culture : The Telkom Way
Basic Belief : Always The Best
Core Values : Solid, Speed, Smart
Key Behaviours : Imagine, Focus, Action
Inisiatif Strategis
Pusat keunggulan.
Fokus pada portofolio dengan pertumbuhan atau value yang tinggi.
Percepatan ekspansi internasional.
Transformasi biaya.
Pengembangan IDN (id-Access, id-Ring, id-Con).
Indonesia Digital Solution (“IDS”) – layanan konvergen pada solusi ekosistem digital.
Indonesia Digital Platform (“IDP”) – platform enabler untuk pengembangan ekosistem.
Eksekusi sistem pengelolaan anak perusahaan terbaik.
Mengelola portofolio melalui BoE dan CRO.
Meningkatkan sinergi di dalam Telkom Group.
Client :
Client dan Mitra PT. Telkom berada pada bidang usaha seperti halnya Industri, Jasa, Perdagangan, Perikanan, Perkebunan, Pertanian, Peternakan, dan lainnya. Layanan telekomunikasi Telkom telah menjangkau beragam segmen pasar mulai dari pelanggan individu sampai dengan Usaha Kecil dan Menengah (“UKM”) serta korporasi. PT. Telkom menjadi penyedia layanan seluler terbesar di Indonesia yang melayani sekitar 131,5 juta pelanggan dan menguasai pangsa pasar 42,4% dari pasar seluler bergerak.
Ruanglingkup :
Ruang lingkup PT. Telkom adalah menyelenggarakan jaringan dan layanan telekomunikasi, informatika serta optimalisasi sumber daya Perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, Perusahaan menjalankan kegiatan usaha yang meliputi:
Usaha Utama
Merencanakan, membangun, menyediakan, mengembangkan, mengoperasikan, memasarkan atau menjual/menyewakan dan memelihara jaringan telekomunikasi dan informatika dalam arti yang seluas-luasnya dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Merencanakan, mengembangkan, menyediakan, memasarkan atau menjual dan meningkatkan layanan jasa telekomunikasi dan informatika dalam arti yang seluas-luasnya dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Usaha Penunjang
Menyediakan layanan transaksi pembayaran dan pengiriman uang melalui jaringan telekomunikasi dan informatika.
Menjalankan kegiatan dan usaha lain dalam rangka optimalisasi sumber daya yang dimiliki Perusahaan, antara lain pemanfaatan aset tetap dan aset bergerak, fasilitas sistem informasi, fasilitas pendidikan dan pelatihan dan fasilitas pemeliharaan dan perbaikan.
Portofolio bisnis telekomunikasi P. Telkom mencakup :
1. Layanan sambungan telepon kabel tidak bergerak.
2. Layanan sambungan telepon nirkabel tidak bergerak.
3. Layanan seluler.
4. Layanan internet dan komunikasi data.
5. Layanan jaringan.
6. Layanan interkoneksi.
7. Layanan tambahan.
Portofolio bisnis Information mencakup :
1. IT Outsourcing atau Managed Application.
2. e-Payment/Layanan Pembayaran, meliputi:
- Billing.
- Remittance.
- e-money.
- e-voucher atau Telkom Voucher.
3. IT enabler services meliputi business process outsourcing dan knowledge process outsourcing, yang terdiri dari :
- Network centric value added services.
- Integration services.
Portofolio bisnis Media dan Edutainment mencakup :
1. Televisi yang terdiri dari :
- Pay TV
- IPTV (Internet Protocol TV)
- OTT TV (Over The Top TV)
2. Iklan
3. Layanan portal
Berikut penjelasan portofolio bisnis Telkom :
Telecommunication
Telekomunikasi merupakan bagian bisnis legacy Telkom. Sebagai ikon bisnis perusahaan, Telkom melayani sambungan telepon kabel tidak bergerak Plain Ordinary Telephone Service (”POTS”), telepon nirkabel tidak bergerak, layanan komunikasi data, broadband, satelit, penyewaan jaringan dan interkoneksi, serta telepon seluler yang dilayani oleh Anak Perusahaan Telkomsel. Layanan telekomunikasi Telkom telah menjangkau beragam segmen pasar mulai dari pelanggan individu sampai dengan Usaha Kecil dan Menengah (“UKM”) serta korporasi.
InformationLayanan informasi merupakan model bisnis yang dikembangkan Telkom dalam ranah New Economy Business (“NEB”). Layanan ini memiliki karakteristik sebagai layanan terintegrasi bagi kemudahan proses kerja dan transaksi yang mencakup Value Added Services (“VAS”) dan Managed Application/IT Outsourcing (“ITO”), e-Payment dan IT enabler Services (“ITeS”).
Media
Media merupakan salah satu model bisnis Telkom yang dikembangkan sebagai bagian dari NEB. Layanan media ini menawarkan Free To Air (“FTA”) dan Pay TV untuk gaya hidup digital yang modern.
Edutainment
Edutainment menjadi salah satu layanan andalan dalam model bisnis NEB Telkom dengan menargetkan segmen pasar anak muda. Telkom menawarkan beragam layanan di antaranya Ring Back Tone (“RBT”), SMS Content, portal dan lain-lain.
Services
Services menjadi salah satu model bisnis Telkom yang berorientasi kepada pelanggan. Ini sejalan dengan Customer Portfolio Telkom kepada pelanggan Personal, Consumer/Home, SME, Enterprise, Wholesale, dan Internasional. Sebagai perusahaan telekomunikasi, Telkom Group terus mengupayakan inovasi di sektor-sektor selain telekomunikasi, serta membangun sinergi di antara seluruh produk, layanan dan solusi, dari bisnis legacy sampai New Wave Business. Untuk meningkatkan business value, pada tahun 2012 Telkom Group mengubah portofolio bisnisnya menjadi TIMES (Telecommunication, Information, Media Edutainment & Service). Untuk menjalankan portofolio bisnisnya, Telkom Group memiliki empat anak perusahaan, yakni PT. Telekomunikasi Indonesia Selular (Telkomsel), PT. Telekomunikasi Indonesia International (Telin), PT. Telkom Metra dan PT. Daya Mitra Telekomunikasi (Mitratel).
Karyawan dan Tenaga ahli :
Struktur Organisasi
PT. Telkom memiliki 25,011 orang karyawan per tanggal 31 Desember 2013, yang terdiri dari 17,881 karyawan Telkom dan 7,130 karyawan di entitas anak. Jumlah ini menurun 2.6% dibandingkan dengan posisi per 31 Desember 2012, sejalan dengan berlanjutnya program multi exit sebagai bagian dari upaya revitalisasi dan penigkatan efisiensi SDM Telkom sejak tahun 2002.
- Profil karyawan berdasarkan posisi jabatan
- Profil karyawan berdasarkan tingkat pendidikan
- Profil karyawan berdasarkan usia
Omset :
Berikut ini merupakan ikhtisar kinerja keuangan serta ikhtisar bisnis dan operasional :
Tahun
|
Pendapatan
(dalam Miliar)
|
Aset
(dalam Miliar)
|
Jumlah BTS Flexi (unit)
|
Jumlah BTS Seluler (unit)
|
2001
|
16.284
|
33.036
|
-
|
1.995
|
2002
|
20.803
|
44.307
|
-
|
3.483
|
2003
|
27.116
|
50.283
|
396
|
4.820
|
2004
|
33.948
|
56.179
|
1.136
|
6.205
|
2005
|
41.807
|
62.171
|
1.448
|
9.895
|
2006
|
51.294
|
75.136
|
1.531
|
16.057
|
2007
|
59.440
|
82.059
|
1.911
|
20.858
|
2008
|
64.974
|
91.256
|
4.054
|
26.872
|
2009
|
68.220
|
97.931
|
5.543
|
30.992
|
2010
|
68.629
|
100.501
|
5.641
|
36.557
|
2011
|
71.253
|
103.054
|
5.718
|
48.341
|
2012
|
77.143
|
111.369
|
-
|
60.011
|
2013
|
82.967
|
128.555
|
-
|
75.579
|
2014
|
89.696
|
140.895
|
-
|
85.420
|
2015
|
102.470
|
166.173
|
-
|
103.289
|
2016
|
56.454*
|
171.411*
|
-
|
-
|
* Tidak diaudit per Juni 2016
Sumber :
http://www.pengertianpakar.com/2015/01/pengertian-manfaat-dan-tujuan-bisnis.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_Informasi_Komunikasi
http://www.telkom.co.id/tentang-telkom
http://www.telkom.co.id/hubungi-kami/pt-telekomunikasi-indonesia-tbk/investor-relations/laporan-
https://id.wikipedia.org/wiki/Telkom_Indonesia
https://id.wikipedia.org/wiki/Telkom_Indonesia#Komposisi_kepemilikan_saham
https://produk.telkom.co.id/servlet/tk/about/id_ID/companystructure/struktur_perusahaan.html
https://produk.telkom.co.id/servlet/tk/about/id_ID/managementlife/manajemen.html
https://produk.telkom.co.id/servlet/tk/about/id_ID/managementlife/dewan_direksi.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Telkom_Indonesia#Dewan_komisaris_dan_direksi
http://www.telkom.co.id/UHI/CDInteraktif2013/ID/0043_sdm.html
http://www.telkom.co.id/UHI/CDInteraktif2013/ID/0102_kegiatan.html
http://www.telkom.co.id/UHI/CDInteraktif2013/ID/0034_portofolio.html
http://www.telkom.co.id/tentang-telkom
tahunan/laporan-laporan/laporan-tahunan
http://www.telkom.co.id/laporan-keuangan
http://www.pengertianpakar.com/2015/01/pengertian-manfaat-dan-tujuan-bisnis.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_Informasi_Komunikasi
http://www.telkom.co.id/tentang-telkom
http://www.telkom.co.id/hubungi-kami/pt-telekomunikasi-indonesia-tbk/investor-relations/laporan-
https://id.wikipedia.org/wiki/Telkom_Indonesia
https://id.wikipedia.org/wiki/Telkom_Indonesia#Komposisi_kepemilikan_saham
https://produk.telkom.co.id/servlet/tk/about/id_ID/companystructure/struktur_perusahaan.html
https://produk.telkom.co.id/servlet/tk/about/id_ID/managementlife/manajemen.html
https://produk.telkom.co.id/servlet/tk/about/id_ID/managementlife/dewan_direksi.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Telkom_Indonesia#Dewan_komisaris_dan_direksi
http://www.telkom.co.id/UHI/CDInteraktif2013/ID/0043_sdm.html
http://www.telkom.co.id/UHI/CDInteraktif2013/ID/0102_kegiatan.html
http://www.telkom.co.id/UHI/CDInteraktif2013/ID/0034_portofolio.html
http://www.telkom.co.id/tentang-telkom
tahunan/laporan-laporan/laporan-tahunan
http://www.telkom.co.id/laporan-keuangan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar