SKEMA KOMPUTER



Sistem komputer terdiri dari empat komponen. Keempat komponen bekerja sama dan saling berinteraksi untuk mencapai tujuan komputer yaitu komputasi. Keempat komponen tersebut yaitu :

  1. Pemroses/ processor (CPU)
  2. Memori utama (Main Memory) 
  3. Perangkat masukan dan keluaran (I/O)  
  4. Interkoneksi antar komponen (System Interconnection)
CENTRAL PROCESSING UNIT (CPU) :
Suatu unit penyimpanan yang disebut penyimpanan primer (Primary Storage), yang biasa disebut Main Storage. Dan berfungsi untuk melakukan pengolahan data dan pengendalian dalam sistem.

Unit Pengendali (Control Unit) :

Adalah membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu system. Control Unit bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Unit kendali akan mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Unit ini juga mengartikan instruksi-instruksi dari program komputer, membawa data dari alat input ke memori utama, dan mengambil data dari memori utama untuk diolah. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Control unit terbagi menjadi 2 bagian, yaitu;
  • Unit Penyimpanan Primer 
  • Unit Penyimpanan Sekunder
Aritmatic dan Logic unit(ALU) : 

Adalah melakukan semua perhitungan aritmatika atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan proses aritmatika dengan dasar penjumlahan, sedangkan operasi aritmatika yang lainnya seperti pengurangan, perkalian dan pembagian dilakukan dengan dasar penjumlahan. Karena dasar operasi aritmatika di ALU adalah penjumlahan, maka sirkuit elektronik di ALU yang digunakan untuk melaksanakan proses aritmatika ini disebut adder. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program. ALU berfungsi membentuk operasi-operasi aritmatika dan logika terhadap data.

Input dan Output :

Berfungsi untuk memindahkan data antara komputer dan lingkunagan eksternal. Lingkungan eksternal memiliki berbagai macam perangkat,seperti perangkat penyimpanan sekunder,perangkat komunikasi,terminal,dan sebagainya.Perangkat tersebut berfungsi menghubungkan komputer dengan lingkungan luar sehingga komputer dipengaruhi dan mempengaruhi lingkungannya.

Bagian-bagian unit Input beserta fungsinya;
  1. Keyboard                   : sebuah alat yang berbentuk susunan abjad dan number untuk memasukkan teks dan nomor.Dan dapat berfungsi sebagai keyword suatu system. 
  2.  Mouse                 : suatu alat kecil dan ringan yang pas dengan telapak tangan. Dihubungkan ke komputer dengan suatu kabel.  
  3. Touch Screen        : memungkinkan user memasukkan data atau instruksi hanya dengan menyentuh satu lokasi dilayar dengan menggunakan jari.  
  4. Alat pembaca optic : Alat input yang membaca data dengan menyinari sinar terang diatas data.  
  5. Trackball                   :suatu alat penunjuk yang serupa dengan mouse kecuali bolanya berada diatas dan bukan dibawah. User dapat menggerakkan kursor hanya dengan memutar bola tanpa memindahkan seluruh alat tersebut.  
  6. Light Pen                  : digunakan untuk menunjuk layar seperti pada touch screen. Saat pena digerakkan, suatu sinyal elektronik dikirimkan melalui kabel ke komputer sehingga sinyal tersebut dapat diinterpretasikan oleh program.  
  7. Remote Control  : user dapat berkomunikasi dengan komputer seperti kita mengatur TV dengan menggunakan remote control.
Bagian-bagian unit Output beserta fungsinya;   
  1. Monitor                                       : menampilkan output berupa objek atau gambar. 
  2. Printer                                         : menghasilkan output salinan kertas.  
  3. Headshet dan Speaker          : menghasilkan output berupa suara.  
  4. Plotters                     : Alat output khusus ini dirancang untuk user yang membutuhkan output grafik. Output grafik membutuhkan perangkat keras yang sesuai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages